Panduan Materi

 

PANDUAN MATERI

UJIAN AKHIR NASIONAL

TAHUN PELAJARAN 2003/2004

Berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 153/U/2003 tentang Ujian Akhir Nasional Tahun Pelajaran 2003/2004, diumumkan panduan materi ujian sebagai berikut:

C. SMA/MA

     I. Program Studi IPA

      a. Bahasa dan Sastra Indonesia

            1.   Standar Kompetensi Lulusan

a)   Siswa mampu memahami teks eksposisi, argumentasi, persuasi, narasi, dan deskripsi dengan menentukan gagasan utama, isi, fakta, pendapat, konsep, makna istilah, intisari, judul, titik pandang penulis, tujuan penulisan, dan tanggapan isi teks.

b)   Siswa mampu memahami grafik, tabel, denah, jadwal peta, pengumuman, petunjuk, dan tata tertib/peraturan dengan menentukan isi, tujuan, penggunaan bahasa, tanggapan, dan kesimpulan.

c)   Siswa mampu menulis berbagai bentuk dan jenis karangan dengan memperhatikan penggunaan EYD, imbuhan, berbagai bentuk kata, istilah, kata penghubung, frase, klausa, kalimat, paragraf secara logis dan sistematis.

d)   Siswa mampu menulis bermacam-macam surat resmi dan tidak resmi dengan memperhatikan isi, bahasa surat, bentuk surat, ejaan, dan tanda baca yang digunakan.

e)   Siswa mampu menulis resensi fiksi dan nonfiksi dengan memperhatikan unsur-unsur isi resensi.

f)    Siswa mampu menyusun karya tulis berupa hasil pengamatan, percobaan, penelitian, perjalanan, peristiwa, kegiatan, proposal, dan teks pidato dengan memperhatikan isi, bahasa, dan unsur-unsurnya.

g)   Siswa mampu memahami pergeseran dan hubungan makna, ungkapan, peribahasa, dan majas.

h)   Siswa mampu mengapresiasi karya sastra dengan menentukan unsur intrinsik dan ekstrinsik.

            2.   Cakupan Materi

Materi yang diujikan untuk mengukur kompetensi tersebut meliputi:  pemahaman bacaan/teks, pengumuman, dan tabel/grafik/bagan; penggunaan berbagai jenis kata, istilah, imbuhan, EYD, berbagai jenis kalimat, dan berbagai pola pengembangan paragraf; pemahaman ungkapan, peribahasa, majas, dan berbagai kata yang mengalami perubahan makna; penulisan berbagai bentuk surat (resmi/tidak resmi, lamaran pekerjaan); pemahaman unsur-unsur dan sistematika dalam penulisan karya tulis: serta apresiasi berbagai karya sastra.

      b. Bahasa Inggris

            1.  Standar Kompetensi Lulusan

a)   Siswa mampu memahami teks lisan dalam bentuk kalimat, percakapan, narasi, dan deskripsi dengan menentukan informasi khusus, gambaran umum, informasi tersurat/tersirat dan menafsirkan makna berdasarkan konteks.

b)   Siswa mampu memahami pernyataan lisan dengan menentukan gambar.

c)   Siswa mampu memahami teks narasi, eksposisi, deskripsi, argumentasi, instruksi, dan dokumentasi dengan menentukan informasi khusus, gambaran umum isi bacaan, pokok pikiran yang tersurat/tersirat, informasi tersurat/tersirat dan menafsirkan makna kata, frasa, dan kalimat berdasarkan konteks.

d)   Siswa mampu memahami grafik, tabel, diagram, peta, formulir, agenda, buku harian, dan iklan dengan menentukan inforrmasi khusus, gambaran umum, informasi tersurat/tersirat dan menafsirkan makna kata, frasa, dan kalimat berdasarkan konteks.

e)   Siswa mampu menulis sebuah paragraf yang padu dengan cara menyusun kalimat-kalimat acak, melengkapi surat sederhana, percakapan dan teks rumpang dengan menggunakan unsur-unsur bahasa yang terkait.

            2.  Cakupan Materi

                  Materi yang diujikan untuk mengukur kompetensi tersebut meliputi: 

a)   Listening : pemahaman  isi percakapan lisan/teks atau wacana lisan dengan cara menentukan gambaran umum, informasi tertentu,  tersurat, tersirat, kosa kata  dengan gambar, serta menentukan respon yang tepat dengan ungkapan-ungkapan yang merupakan bagian dari unsur-unsur bahasa.

b)   Reading : pemahaman isi bacaan/wacana/dialog yang tertulis dengan cara menentukan gambaran umum isi bacaan, informasi tertentu, informasi rinci yang tersurat, informasi yang tersirat, pikiran utama yang tersurat, pikiran utama yang tersirat, makna kata/frasa/kalimat.

c)   Unsur-unsur bahasa : pemahaman dan penggunaan ungkapan-ungkapan seperti : perkenalan, pernyataan secara tidak langsung (indirect speech affirmative), nasehat, rasa bangga, rasa heran, pernyataan lamanya kejadian yang telah terjadi (present perfect continuous tense), keterangan tentang seseorang atau sesuatu, pemberian izin melakukan sesuatu, permintaan maaf, simpati, keinginan atau rencana, pilihan, peristiwa atau kegiatan yang telah selesai di waktu lampau (past perfect tense), peristiwa atau kegiatan yang akan selesai di waktu yang akan datang (future perfect tense), pengandaian tentang peristiwa atau keadaan sekarang/lalu, kemampuan/ketidakmampuan, pernyataan  tentang kegiatan yang membuat orang lain melakukan sesuatu (causative have/get), kewajiban atau keharusan yang tidak terpenuhi, dua hal positif, terima kasih, setuju/tidak setuju, kosa kata sesuai tema serta penyusunan kalimat acak menjadi paragraf yang baik.

      c. Matematika

 

            1.   Standar Kompetensi Lulusan

a)   Siswa mampu memahami konsep dan operasi hitung pada bentuk aljabar, persamaan, pertidaksamaan, fungsi, sistem persamaan linear dan program linear, barisan dan deret bilangan, matriks, dan suku banyak, serta mampu menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari.

b)   Siswa mampu memahami konsep kedudukan titik, garis, bidang, jarak, dan sudut pada bangun ruang, serta mampu menggunakannya untuk menyelesaikan masalah.

c)   Siswa mampu mengolah, menyajikan, menafsirkan data, dan mampu menggunakan kaidah pencacahan untuk menentukan nilai peluang kejadian, serta mampu menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari.

d)   Siswa mampu memahami konsep perbandingan dan fungsi trigonometri, serta mampu menggunakannya untuk menyelesaikan masalah.

e)   Siswa mampu memahami konsep logika matematika untuk penarikan kesimpulan dan pemecahan masalah.

f)    Siswa mampu memahami konsep irisan kerucut, transformasi, dan vektor, serta mampu menggunakannya untuk menyelesaikan masalah.

g)   Siswa mampu memahami konsep limit, diferensial, dan hitung integral, serta mampu menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari.

            2.  Cakupan Materi

Materi yang diujikan untuk mengukur kompetensi tersebut meliputi:  persamaan dan fungsi kuadrat; fungsi komposisi dan invers; suku banyak; sistem persamaan linear dan program linear; matriks; barisan dan deret bilangan; eksponen dan logaritma; bangun ruang; ukuran pemusatan; peluang; fungsi trigonometri; persamaan dan pertidaksamaan trigonometri; logika matematika; lingkaran; ellips; parabola; hiperbola; transformasi; vektor; limit; diferensial, dan integral.

 


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: